Oleh
Tazbhy
Monday, April 29, 2013
Bagikan :
Nama : Muhammad Tasbillah
Nim : 102514015
Prodi : S1
Media
Pembelajaran
1. Definisi
media Pembelajaran
a. Yusuf
Hadi Miarso (2007), Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
merangsang terjadinya proses belajar dalam diri siswa-siswi.
Ø Dr.
Kasful Anwar Us., M.Pd dan Hendra Harmi, S.Ag., M.Pd. 2010. Perencanaan
Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung
: ALVABETA, cv
b. Hamidjojo
dalam Latuheru(1993), Media pembelajaran adalah semua bentuk perantara yang
digunakan oleh manusia untuk menyampaikan ataw menyebar ide, gagasan, atau
pendapat sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada
penerima yag dituju.
Ø Dr.
Kasful Anwar Us., M.Pd dan Hendra Harmi, S.Ag., M.Pd. 2010. Perencanaan
Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung
: ALVABETA, cv
c. Gagne (1970), Menyatakan bahwa media adalah
berbagai jenis komponen dalam lingkungan
siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.
Ø Arsyad,
Azhar. 1997. Media Pembelajaran.
Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
2. Jenis-jenis
Media Pembelajaran
a. Rudy Bretz (1971) menggolongkan media berdasarkan tiga unsur
pokok yaitu suara, visual dan gerak yang meliputi :
a) Media audio
b) Media cetak
c) Media visual diam
d) Media visual gerak
e) Media audio semi gerak
f) Media visual semi gerak
g) Media audio visual diam
h) Media audio visual gerak
Ø Dr.
Kasful Anwar Us., M.Pd dan Hendra Harmi, S.Ag., M.Pd. 2010. Perencanaan
Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung
: ALVABETA, cv
b. Anderson (1976) menggolongkan
menjadi 10 media:
a) audio : Kaset audio, siaran radio,
CD, telepon
b) cetak : buku pelajaran, modul,
brosur, leaflet, gambar
c) audio-cetak : kaset audio yang
dilengkapi bahan tertulis
d) proyeksi visual diam : Overhead
transparansi (OHT), film bingkai (slide)
e) proyeksi audio visual diam : film
bingkai slide bersuara
f) visual gerak : film bisu
g) audio visual gerak : film gerak
bersuara, Video/VCD, Televisi
h) obyek fisik : Benda nyata, model,
spesimen
i)
manusia
dan lingkungan : guru, pustakawan, laboran
j)
komputer
: CAI
Ø Dr.
Kasful Anwar Us., M.Pd dan Hendra Harmi, S.Ag., M.Pd. 2010. Perencanaan
Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung
: ALVABETA, cv
c. Arsyad
(2002) mengklasifikasikan media atas empat kelompok:
a) Media
hasil teknologi cetak
b) Media
hasil teknologi audio-visual
c) Media
hasil teknologi berbasis komputer
d) Media
hasil gabungan teknologi cetak dan komputer
Ø Asyad
Azhar. 2002. Media Pembelajaran.
Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
3. Fungsi
Media Pembelajaran
a. Levie & Lentz (1982)
mengemukakan fungsi media pembelajaran sebagai berikut :
a) Fungsi atensi yaitu menarik
dan mengarahkan perhatian siswa pada isi pelajaran dibantu dengan media gambar
sehingga memiliki kemungkinan mengingat isi pelajaran lebih besar.
b) Fungsi afektif yaitu muncul
ketika belajar dengan teks yang bergambar, sehingga dapat menggugah emosi dan
sikap siswa.
c) Fungsi kognitif yaitu
mengungkapkan gambar memperlancar pencapaian tujuan memahami dan mengingat
informasi yang terkandung.
d) Fungsi kompensatoris yaitu
berfungsi mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menarima dan memahami
isi pelajaran yang disajikan dengan teks.
Ø Asyad
Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
b. Kemp & Dayton (1985:28) fungsi
media pembelajaran meliputi :
a) Memotivasi minat atau tindakan
b) Menyajikan informasi
c) Memberi instruksi
Ø Asyad Azhar,2011. Media
Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
c. Dale (1969:180) audio-visual
memberikan banyak manfaat asalkan guru berperan aktif dalam proses
pembelajaran, sehingga dapat teralisasikan hal-hal sbb :
a) Meningkatkan rasa pengertian &
simpati dalam kelas
b) Menumbuhkan perubahan tingkah laku
siswa
c) Menunjukan hubungan mata pelajaran
& minat siswa dg meningkatnya motivasi siswa
d) Membawa kesegaran & motivasi
e) Hasil belajar siswa lebih bermakna
f) Mendorong pemanfaatan yang bermakna
g) Memberikan umpan balik yang
diharapkan
h) Melengkapi pengalaman
i)
Memperluas
wawasan
j)
Meyakinkan bahwa kejelasan pikiran yang siswa butuhkan
dengan membangun struktur konsep dan gagasan yg bermakna.
Ø Asyad
Azhar.2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Media Pembelajaran
Tag :
Resensi Buku
0 Komentar untuk "Resume Buku"