Oleh
Tazbhy
Monday, April 29, 2013
Bagikan :
Tugas Individu
MK.
Media Pembelajaran
RESENSI BUKU
MEDIA PEMBELAJARAN
O L E H :
MUHAMMAD TASBILLAH
102514015
S 1
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2013
Kata
Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya serta karunian-Nya sehingga saya dapat
menyelesaikan resensi buku “ Perencanan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan ” ini dengan baik tanpa ada halangan.
Resensi
buku ini disusun untuk melengkapi tugas mata kulia Belajar dan Pembelajaran.
Kami berharap semoga resensi buku Perencanan
Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini dapat bermanfaat
bagi semua pembaca dan menjadi referensi untuk menambah pengetahuan di bidang
pendidikan Khususnya Perencanaan Sistem Pembelajaran.
Oleh karena itu, kami mengharap
segala kritik dan saran yang membangun dan dapat menjadikan resensi ini jauh
lebih baik lagi. Saya mohon maaf setulus-tulusnya atas kesalahan maupun kekurangan
dalam penyusunan resensi ini.
Penulis
Muhammad Tasbillah
Daftar
Isi
1.
Sampul............................................................................................................ 1
2.
Kata Pengantar.............................................................................................. 2
3.
Daftar Isi.......................................................................................................... 3
4.
Pendahuluan................................................................................................. 4
5.
Pembahasan.................................................................................................. 4
6.
Uraian Singkat............................................................................................... 4
7.
Pembahasan.................................................................................................. 5
8.
Isi Buku........................................................................................................... 5
9.
Kelebuhan dan kekurangan buku............................................................. 5
10. Penutup.......................................................................................................... 6
11. Kesimpulan.................................................................................................... 6
12. Lampiran......................................................................................................... 8
A.
Pendahulauan
1. Judul
Buku
Ø Perencanaan
Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
2. Penulis
Ø Dr.
Kasful Anwar Us, M. Pd.
Ø Hendra
Harmi, S.Ag., M. Pd.
3. Uraian
Singkat
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk
menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar nasional pendidikan
terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan,
sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.
Kurikulum
tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan
dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan
pendidikan tingkat satuan pendidikan, sturuktur dan muatan kurikulum tingkat
satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus.
Buku
ini dapat di jadikan sebagai referensi terutama bagi mahasiswa Program Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
dalam mata kuliah Perencanaan Sistem Pembelajaran pada UIN, IAIN dan STAIN di
ingkungan Kementrian Agama dan pihak-pihak lain (lembaga pendidikan umum) yang
berhubungan dengan kepentingan materi Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP.
B.
Pembahasan
1.
Isi
Buku
Ø Kelebihan dan Kekurangan Buku
a. Buku
ini mencakup tentang kurikulum yang
tujuannya meliputi pendidikan nasional
serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi, dan potensi dareah, satuan
pendidikan dan peserta didik. Selain itu
mencakup tentang kurikulum KTSP yaitu kurikuluk operasional yang disusun oleh
dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
b. Di
dalam buku dilengkapi dengan landasan-landasanpenerapan KTSP yaitu:
·
UUD RI NO. 20 Thn 2003 tentang sistim
pendidikan
·
PPRI NO. 19 Thn 2005 tentang standar nasional
pendidikan
·
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional
c. Di
dalam buku ini terdapat pengembangan mengenai silabus. yaitu rencana
pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajarandengan tema tertentu, yang mencakup
standart komptetensi , kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap
satuan pendidikan.
d. Di
dalam buku ini terdapat cara-cara menganalisis karakteristik siswa dan manfaat
memahami karakteteristik siswa. Seorang guru dalam melakukan proses perencanaan
pembelajaranperlu memahami tentang karakteristik dan kemampuan awal yaitu
kemampuan untuk mengidentifikasi siswa dari segi kebutuhandan karakteristik
untuk menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan perilaku.
e. Rumusan
dan penjabaran dari proses pengembangan standart kompetensi dan kompetensi
dasar tertuang dalam rumusan silabus
f. Metode
pembelajaran adalah cara untuk teknik penyajian bahan pembelajaran yang akan
digunakan guru pada saat menyajikan pembelajaran
g. Langkah-langkah
minimal dari penyusunan Rencana Pelaksanan Pembelajaran, dimulai dari
mencantumkan identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode
Pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian. setiap komponen mempunyai arah
pengembangan masing-masing, namun semua merupakan satuan kesatuan.
h. Kekurangan
buku ini yaitu hanya di khususkan untuk referensi bagi mahasiswa di bidang
pendidikan agama saja
i. Manfaat
dan fungsi media dalam pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar
media pembelajaranadalah alat bantu, baik berupa alat elektronik, gambar,
peraga, buku, dan lain-lain
j. Media
pembelajaran sebagai sarana untuk untuk memberikan pengalaman belajar. media
berasal dari bahasa latin medium yang secara harfiah berarti "tengah"
'perantara' atau 'pengantar'
k. AECT
(Association of Education and Communication Technology, 1977) memberi batasan
tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk
menyampaikan pesan atau informasi. Yusuf Hadi Miarso mendefinisikan media
adalah segala sesuatu yang dapat merangsang terjadinya proses belajar dalam
diri siswa-siswi. sementara hamidjojo (1993) memberi batasan media sebagai
semua bentuk perantara yang digunakanoleh manusia untuk menyampaikan atau
menyebar ide, gagasan, atau paendapat atau sehingga ide gagasan atau pendapat
yang dikemukan itu sampai kepada penerima yang dituju
l. Ciri-ciri
umum yang terkandung pada setiap batasan media:
1. Media
pendidikan memiliki pengertian fisik yang dewasa ini dikenal sebagai hardware
(perangkat keras)
2. Media
pendidikan memiliki pengertian nonfisik yang dikenal sebagai software
(perangkat lunak).
3. Penekanan
media pendidikan terdapat pada visual dan audio
4. Media
pendidikan memiliki pengertian alat bantu pada proses belajar baik didalam
maupun diluar kelas
5. Media
pendidikan digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam
proses pembelajaran.
6. Media
pendidikan dapat digunakan secara massal misalnya radio, televisi, kelompok
besar dan kecil misalnya film, slide, video, OHP atau perorangan misalnya
modul, komputer, radio tape.
M. Media
pembelajaran bermanfaat bagi guru dipakai untuk:
1. Memperjelas
informasi/pesan
2. Memberikan
tekanan pada hal-hal yang penting
3. memberikan
variasi
4. memperjelas
struktur pembelajaran
5. meningkatkan
motivasi
N. Media
pembelajaran juga dapat mempertimbangkan kualitas hasil belajar yang dicapai.
Alasan media pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa sebagai
berikut:
1. Pembelajaran
akan lebih menarik perhatian siswa, sehingga menumbuhkan motivasi belajar
siswa.
2. Bahan
pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih mudah di pahami
oleh siswa
3. Metode
pembelajaran akan lebih bervariasi
4. Siswa
banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru,
tetapimjuga aktifitas lain.
O. Ada
beberpa hal yang dapat dilakukan dalam pemilihan media antara lain tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai, ketepatgunaan, kondisi siswa, ketersediaan
perangkat keras, dan perangkat lunak, mutu, teknisi dan biaya.
P. Heinich
mengemukakan model perncanan penggunaan media yang efektif antara lain:
1. Menganalisi
karakteristik kelompok sasaran (Analyze Leaner Characteristics)
2. Menyatakan
atau merumuskan tujuan pembelajaran (State Objectives)
3. Memilih,
memodifikasi, atau merancang (Selector modify media)
4. Menggunakan
materi dan media (Utilize)
5. Meminta
tanggapan dari siswa-siswi (require leaner response)
6. Mengevaluasi
proses belajar (evaluate)
Q. Pemilihan
dan penggunaan media pembelajaran perlu mempertimbangkan berbagai kondisi dan
prinsip-prinsip antara lain:
1. Motivasi
2. Perbedaan
individual
3. Tujuan
pembelajaran
4. Organisasi
isi
5. Persiapan
sebelum belajar
6. Emosi
7. Partisipasi
8. Uman
balik
9. Penguatan
(reinforcement)
10. Latihan
dan pengulangan
11. Penerapan
R. Prinsip
yang harus di perhatikan dalam prose pemilihan media Antara lain:
1. Setiap
jenis media mmilikikelebihan dan kelemahan
2. Penggunaan
beberapa macam media secara berfariasi memang perlu
3. Penggunaan
media harus dapat memperlakukan siswa secara aktif
4. Sebelum
media digunakan Harus di rencanakan secara matang dalam penyusunan rencana
pelajaran
5. hindari
penggunan media yang hanya dimaksudkan sebagai selingan atau sekedar atau
pengisi waktu kosong saja
6. Harus
senantiasa dilakukan persiapan yang cukup sebelum penggunaan media
S. Jenis-jenis
media pembelajaran antara lain:
1. Media
berbasis Visual yaitu media yang dapat menyajikan pesan, informasi, atau konsep
pembelajaran kepada siswa seperti gambar atau foto, sketsa, grafik, bagan.
diagram, dan poster
2. Medai
grafis (grafika) yaitu media yang dapat mengomunikasikan fakta dan
gagasan-gagasan secara jelas dan kuat melalui perpaduan antara pengungkapan
kata-kata dan gambar
3. Media
proyeksi
misalnya OHP, slide, tape,
media berbasis komputer, media internet, media interaktif
C.
Penutup
1. Kesimpulan
Kurikulum tingkat satuan
pendidikan (KTSP) adalah krikulum opersional yang disusun oleh da dilaksanakan
masing-masing satuan pendidikan yang memiliki beberapa landasan pendidikan
Dalam
konteks pelaksanaan kurikulum, hasil penilaian dapat diamati melalui
indikator-indikator yang ter-cermin dalam rangkaian kegiatan pembelajaran,
se-bagai bentuk implementasi kurikulum.
Untuk
melihat sejauhmana keberhasilan dari implemen-tasi kurikulum, sudah barang
tentu membutuhkan waktu dan proses, karena hasil dari suatu proses pembelajaran
merupakan rangkaian ke-giatan yang terus menerus dan panjang.
Media
pembelajaran sebagai sarana untuk untuk memberikan pengalaman belajar. media
berasal dari bahasa latin medium yang secara harfiah berarti "tengah"
'perantara' atau 'pengantar'
Media pembelajaran sangat bermanfaat
dalam proses belajar mengajar karna media dapat mempermudah siswa-siswilebih
cept memahami bahan ajar yg di berikan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Media Pembelajaran
Tag :
Resensi Buku
0 Komentar untuk "Resensi Buku Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP"