Oleh
Tazbhy
Friday, October 31, 2014
Bagikan :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PLS
1. Nama kelompok belajar : Paket C Mandiri
2. Program : IPS
3. Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
4. Tingkat : VI (enam)
5. Derajat : Mahir 2
6. Kelas (setara) : IX (kelas 2 SMU)
7. Semester : I (satu)
8. Standar kompetensi : Memahami kehidupan social manusia
9. Kompetensi dasar : Mengidentifikasi interaksi sebagai proses social
10. Alokasi waktu : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)
11. Indicator :
1. Menjelaskan defenisi interaksi social.
2. Menjelaskan tentang proses social.
3. Menyebutkan ciri-ciri interaksi social.
4. Menjelaskan factor-faktor interaksi social.
5. Mendeskripsikan syarat-syarat interaksi social.
12. Tujuan pembelajaran : Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pengertian interaksi social.
2. Menjelaskan tentang proses social.
3. Menjelaskan factor-faktor social.
4. Menjelaskan ciri-ciri interaksi social.
5. Menjelaskan syarat-syarat interaksi social.
6. Menyebutkan macam-macam kontak social.
7. Menjelaskan komponen-komponen komunikasi.
13. Materi pokok :
1. Pengertian interaksi social.
2. Proses social.
3. Ciri-ciri interaksi social.
4. Factor-faktor interkasi social.
5. Syarat-syarat interaksi social.
14. Model pembelajaran :
Model KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
15. Metode pembelajaran :
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Berkelompok
4. Tugas mandiri
16. Scenario pembelajaran :
1. Pertemuan 1-2
No. | KEGIATAN PEMBELAJARAN | ALOKASI WAKTU | KET. |
1. | Kegiatan awal a. Apresiasi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, menanyakan kabar siswa dan lain-lain). b. Memotivasi Guru memberi pengantar tentang pokok bahasan baru yaitu interaksi sebagai proses social. | 10 menit | |
2. | Kegiatan inti a. PD mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian interaksi sebagai proses social. b. PD menyimak dan dihadapkan pada permasalahan yang akan dibahas tentang interaksi dan komponen-komponen yang ada di dalamnya. c. PD berdiskusi tentang interaksi sebagai proses social dan komponen-komponen didalamnya. | 60 menit | |
3. | Kegiatan penutup a. Refleksi akhir Guru menyimpulkan atau menjelaskan kembali materi yang belum dipahami PD. b. Penugasan Guru memberikan tugas mandiri kepada PD. | 20 menit |
2. Pertemuan 3-4
Dst…..
17. Media pembelajaran :
1. Papan tulis
2. Lembar soal
18. Sumber pembelajaran :
1. Guru bidang studi IPS
2. Buku IPS SMA Kelas XI
3. Buku penunjang, LKS, dsb.
19. Penilaian :
A. Teknik penilaian
a. Penilaian unjuk kerja
b. Penilaian sikap
c. Penilaian fortopolio
B. Bentuk instrument
Salah satu bentuk instrument penilaian yaitu penilaian kelompok
PENILAIAN UNJUK KERJA
Kelompok : …………
Kelas : XI
Anggota :
No. | Tugas yang Harus Dikerjakan | Diselesaikan Tanggal | Ket. | Paraf Guru |
1. | Mencari artikel dan buku-buku referensi mengenai kontak social yang bersifat negative dan positif | |||
2. | Menganalisis hasil referensi | |||
3. | Membuat makalah dari Bab I, Bab II, Bab III | |||
4. | Penyerahan hasil |
C. Instrument soal
a. Pilihan ganda
b. Essay tes
- Contoh soal pilihan ganda
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang benar!
1. Interaksi social sebagai bentuk yang tampak apabila orang per orang atau kelompok manusia itu mengadakan hubungan satu dengan yang lain. Definisi ini menurut ….
a. Prof. Dr. Koentjaraningrat
b. Prof. Soerjono Soekanto, S.H.M.A.
c. Prof. Dr. Selo Sumarjan
d. Kimball Young
e. Roucek and Warren
2. Kemampuan untuk merasa diri seolah-olah dalam keadaan orang lain, ikut merasakan apa yang dialami atau diderita oleh orang lain disebut …..
a. Simpati
b. Mediasi
c. Empati
d. Imitasi
e. Sugesti
3. Ada kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain disebut ….
a. Imitasi
b. Sugesti
c. Simpati
d. Empati
e. Identifikasi
4. Dst……..
- Contoh soal essay
II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan benar!
1. Mengapa manusia hidup memerlukan interaksi social?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan poses social?
3. Jelaskan komponen-komponen dalam komunikasi?
4. Dst….
D. Kunci jawaban
a. Pilihan ganda
1. b. Prof. Soerjono Soekanto, S.H.M.A
2. a. Simpati
3. b. Sugesti
4. dst….
b. Essay
1. Karena manusia membutuhkan banyak hal dalam hidupnya semua kebutuhan hidup manusia dapat terpenuhi dengan jalan mengadakan hubungan social.
2. Proses social merupakan pengaruh timbale balik antara berbagai segi kehidupan masyarakat, misalnya pengaruh timbale balik antara kehidupan politik dengan kehidupan ekonomi atau anatarkehidupan hokum dengan kehidupan agama.
3. Komponen dalam komunikasi yaitu:
1) Pengirimpesan atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
2) Penerima pesan atau komunikan (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain.
3) Pesan (message) adalah maksud atau isi yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain dapat berupa informasi, instruksi, perasaan dan sebagainya.
4) Umpan balik (feed back) adalah tanggapan dari penerima pesan atas isi pesan yang disampaikan, berupa perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan setelah mendapatkan pesan dari komunikator dan memahami atau mengerti pesan yang dimaksud oleh pengirim pesan.
4. Dst….
E. Pedoman penskoran
Penilaian unjuk kerja perlu mempertimbangkan hal-hal berikut; (1) Langkah-langkah kinerja yang diharapkan dilakukan PD untuk menunjukkan kinerja dari suatu kompetensi (2) Kelengkapan dan ketepatan aspek yang akan dinilai, (3) Kemampuan-kemampuan khusus yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas, (4) Kemampuan yang akan dinilai tidak terlalu banyak, sehingga mudah diamati, (5) Kemampuan yang akan dinilai diurutkan berdasarkan urutan yang akan diamati. Untuk mengamati unjuk kerja siswa dapat menggunakan alat atau instrumen berikut:
No. | Unsur yang Dinilai | Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1. | Mencari artikel dan buku-buku referensi mengenai kontak social yang bersifat negative dan positif | |||||
2. | Menganalisis hasil referensi | |||||
3. | Membuat makalah dari Bab I, Bab II, Bab III | |||||
4. | Laporan lengkap |
Skor maksimal adalah 10 x 5 = 50
Criteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut:
1. Jika PD memperoleh skor 45-49 dapat ditetapkan sangat baik.
2. Jika PD memperoleh skor 35-44 dapat ditetapkan baik
3. Jika PD memperoleh skor 30-34 dapat ditetapkan cukup baik
4. Jika PD memperoleh skor kurang dari 30 dapat ditetapkan kurang
20. Daftar Pustaka :
Supani, S.Pd. 2013. Ilmu Pengetahuan Sosial. Citra Pustaka. Jakarta.
Pengelola guru mata pelajaran
( ) ( )
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Media Pembelajaran
Tag :
Pendidikan
0 Komentar untuk "Contoh Rencana Pelaksanaa Pembelajaran PLS (RPP PLS)"